Teks Information Report


Kelas/ Semester IX (Sembilan) / Genap
Alokasi Waktu 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)

Pertemuan : Ke-1 (80 Menit)


Tujuan Pembelajaran
Melalui model Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu memahami fungsi sosial, struktur  teks, dan unsur beberapa teks information report dengan tepat.

Kegiatan Pembelajaran

💙 Kegiatan Pendahuluan
  • Guru mengucapkan salam dan bertegur sapa dengan peserta didik.
  • Guru mengondisikan peserta didik. Guru mengajak peserta didik memeriksa kelengkapan dan kerapian seragam, dan mengajak peserta didik yang belum sepenuhnya mematuhi aturan sekolah untuk selalu melakukan perbaikan diri kedepannya. (Disiplin Positif)
  • Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan. (Kesadaran Diri)
  • Guru memeriksa kehadiran peserta didik dan mengajak peserta didik mendoakan jika ada teman yang tidak masuk sekolah (Kesadaran Sosial) serta mengajak peserta didik menjaga kesehatannya (Manajemen Diri)
  • Guru meminta peserta didik membaca kesepakatan belajar. (Kesadaran Diri) 
Kesepakatan Belajar:

👉Masuk kelas ontime;
👉Saling menghargai dan menghormati;
👉Mengangkat tangan saat ingin bertanya atau menyampaikan sesuatu;
👉Meminta izin jika hendak keluar ruangan;
👉Aktif dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Menanyakan pemahaman materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya. (Kesadaran Diri)
  • Menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu Information Report Text.
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari, antara lain:
  1. Peserta didik dapat menggunakan keterampilan menyusun report text untuk membuat laporan atau presentasi;
  2. Kemampuan menyusun report text membantu peserta didik dalam menyajikan informasi dengan lebih jelas dan terstruktur, baik dalam konteks sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Keterampilan dalam menyusun report text dapat membantu peserta didik dalam menyajikan ide atau proposal secara sistematis;
  4. Dan lain sebagainya.
  • Menyampaikan tujuan dan strategi pembelajaran
"Melalui model Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu memahami fungsi sosial, struktur  teks, dan unsur beberapa teks information report dengan tepat."

 

 💚 Kegiatan Inti

  • Di awal pembelajaran, guru memantik pemahaman peserta didik tentang Report Text dengan meminta peserta didik menuliskan benda, binatang, fenomena alam, dan fenomena sosial yang mereka ketahui dan menarik perhatian mereka pada tampilan padlet berikut. (Diferensiasi Konten)


  • Peserta didik menebak Bahasa Inggris dari benda, binatang, dan hal-hal yang sudah mereka sebutkan pada kegiatan sebelumnya melalui permainan di Kahoot.
Let's Play!
Link untuk Guru:

Link untuk Murid:
  • Guru membagi peserta didik dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 anggota. (Diferensiasi Proses)
  • Dalam kelompok peserta didik diminta menjawab pertanyaan yang dishare lewat Jamboard. Guru meminta peserta didik melakukan pembagian peran dalam kelompok serta memanfaatkan kegiatan kelompok untuk meningkatkan KSE. (Kesadaran Sosial dan Keterampilan Berelasi)

  •  Setiap kelompok melengkapi Lembar Kerja terkait mencari informasi terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks information report dari berbagai sumber yang mereka sukai. (Diferensiasi Konten)
  • Guru dan peserta didik membahas hasil pekerjaan kelompok. Guru meminta peserta didik saling menghargai dan menghormati saat ada peserta didik yang menyampaikan pendapat. (Kesadaran Sosial)
  • Peserta didik diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan umpan balik atas hasil kerja kelompok lain. (Keterampilan Berelasi)
  •  Guru memberikan penugasan individu untuk menunjukkan pemahaman peserta didik pada materi yang baru saja dipelajari.

Penugasan Individu
Buatlah rangkuman pemahamanmu tentang Report Text dengan model yang kalian sukai. Produk boleh dalam bentuk: (Diferensiasi Produk)
  1. Cetak/ Tulis tangan
  2. Presentasi Digital (ppt, pdf, dsb)
  3. Video Singkat
  4. Audio
💛 Kegiatan Penutup
  • Guru memandu peserta didik menyusun simpulan sementara dan menuliskan refleksi pada tampilan padlet berikut.

Made with Padlet
  • Guru menginformasikan materi pada pembelajaran selanjutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama